Kamis, 03 Mei 2012

Penyakit-Penyakit pada Sistem Percernaan Manusia


Penyakit-Penyakit pada Sistem Percernaan Manusia

            Berikut ini adalah beberapa penyakit yang terjadi pada sistem percernaan yaitu :

1.       Diare
Diare adalah suatu penyakit yang ditandai dengan kotoran bersifat cair, berlendir. Penyebab utama diare adalah adanya infeksi pada bagian dalam saluran percernaan. Infeksi disebabakan oleh makanan yang kita makan mengandung bakteri yang membuat iritasi atau luka pada usus.

2.      Konstipasi atau sembelit
Konstipasi atau lebih sering disebut sembelit adalah penyakit pada sistem percernaan yang ditandai dengan sulitnya buang air besar. Penyebab utama sembelit terjadi karena seringnya menahan untuk buang air besar dan kurangnya makan makanan berserat. Sembelit dapat dicegah dengan banyak makan makanan berserat, banyak minum air putih, dan lebih penting tidak menahan untuk buang air besar.

3.      Apendiksitis
Apendiksitis merupakan penyakit dari bentuk peradangan pada umbai cacing. Penyakit ini disebabkan karena adanya sisa-sisa hasil proses usus atau sisa makanan masuk kedalam umbai cacing. Jika sudah terjadi sakit atau nyeri, maka akan dilakukan operasi usus buntu.

4.      Batu empedu
Batu empedu merupakan suatu bentuk padatan yang terdapat pada saluran empedu sehingga menghambat perjalanan empedu ke usus. Hal ini dapat menyebabkan rasa nyeri dan mual. Penyakit ini dapat disembuhkan dengan cara pemberian obat, ditembak dengan sinar laser atau diangkat bersama dengan kantung empedunya.

5.      Gastritis
Gastritis merupakan penyakit peradangan pada lapisan mukosa lambung dan biasanya terjadi pada yang berada di usia lanjut. Penyakit ini diduga diakibatkan makanan yang mengandung bakteri mikrob dan pengaruh kadar asam lambung (HCL) yang terlalu tinggi. Jika sudah menrasa nyeri dan panas makan dapat dihilangkan dengan minum segelas susu.

6.      Hepatitis
Hepatitis adalah penyakit peradangan pada hati. Penyakit ini daat menular melalui air atau makanan yang terinfeksi virus hepatitis. Penyakit ini juga sangat berbahaya dan jika tidak diatasi secepat mungkin dapat menyebabkan kematian.

7.      Maag
Maag merupakan suatu bentuk peradangan pada dinding lambung yang terasa perih. Gejala maag biasanya ditandai dengan rasa mual, mulas dan kembung. Penyakit ini dapat disebabkan dengan makan yang tidk teratur, minuman beralkohol dan pikiran stress. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar