Kamis, 03 Mei 2012

Usus Halus


Usus Halus

Usus halus atau intestinum tenue adalah bagian dari saluran percernaan yang berfungsi sebagai tempat mencerna makanan dan absorpsi sari makanan. Usus halus memiliki lipatan-lipatan yang pada permukaannya terdapat banyak jonjot usus. Panjang usus halus sekitar 6 meter dengan diameter 2,5 cm.usus halus dibedakan menjadi tiga bagian yaitu usus dua belas jari, usus kosong dan usus penyerapan.

·        Usus dua belas jari
Usus dua belas jari atau duodenum adalah bagian dari usus halus yang berhubungan dengan lambung. Usus ini memiliki panjang 25 cm pada usus dua belas jari terdapat dua saluran yaitu :
1.      Saluran Empedu
Saluran ini berasal dari hari dan berfungsi sebagai penyalur cairan empedu. Di dalam cairan empedu terdapat garam empedu, kolestrol dan bilirubin. Garam empedu berfunsi untuk mereduksi tegangan permukaan lemak sehingga lemak dapat diubah menjadi bentuk emulsi. Kolestrol merupakan sisa metabolisme lemak yang harus di keluarkan dalam tubuh. Bilirubin merupakan zat warna empedu yang berasal dari hasil perombakan sel darah merah yang telah tua.

2.      Saluran Pankreas
Saluran ini berisi cairan pankreas yang mengandung enzim-enzim pemecah karbohidrat, protein dan lemak juga mengandung natrium bikarbonat. Natrium ini berguna umtuk menetralisir kimus yang bersifat asamdari lambung. Enzim-enzim tersebut antara lain karbohidrase pankreas, lipase pankreas, dan tripsinogen. Karbohidrae pankreas disebut juga amilase pankreas yang berfungsi untuk mencerna amilum menjadi maltosa dan bentuk disakarida lainnya. Lipase pankreas berfungsi untuk mengubah emulsi lemak menjadi asam lemak dan gliserol. Tripsinogen diaktifkan oleh enterokinase menjadi tripsin. Trispin berguna untuk mengubah protein menjadi polipeptida.

·        Usus kosong
Usus kosong atau jejenum merupakan bagian dari usus halus yang berfungsi sebagai tempat penyelesaian dari semua proses pencernaan makanan. Sebagian kimus yang belum sempurna dicerna di doudenum akan dicerna lagi menjadi bentuk yang lebih sederhana sehingga menghasilkan glukosa, asam amino, serta asam lemak dan gliserol.

·        Usus Penyerapan
Usus penyerapan atau ileum merupakan bagian dari usus halus yang berfungsi sebaai tempat penyerapan zat-zat makanan. Ileum mempunyai struktur yang berlipat-lipat dan pada daerah permukaannya terdapat jonjot-jonjot usus. Dalam sistem ini jonjot usus berguna untuk memperluas daerah penyerapan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar