Jumat, 04 Mei 2012

Karbohidrat


Karbohidrat
Karbohidrat merupakan sumber enrgi utama bagi manusia. Karbohidrat berasal dari tumbuhan. Molekul karbohidrat terdiri dari unsur karbon(C), hidrogen (H), dan oksigen (O).  Karbohidrat dibedakan menjadi tiga yaitu :

1.      Monosakarida
Monosakarida adalah karbohidrat yang tersusun dari satu gugusan gula. Monosakarida memiliki 6 atom karbon, 12 hidrogen dan 6 oksigen. Contoh dari monosakarida adalah glukosa, fuktosa, galaktosa dan manosa. Monosakarida yang lain adalah pentosa (hanya memiliki 5 atom karbon) misalnya ribosa, xinosa, arabinosa.

2.      Disakarida
Disakarida adalah karbohidrat yang tersusun dari dua gugusan gula atau berupa gabungan dari dua monosakarida yang terikat satu sama lainnya melalui reaksi kondensasi. Kedua monosakarida ini dapat dipisahkan dengan proses hidrolisis. Contoh dari disakarida yaitu sukrosa, maltosa dan laktosa.

Sukrosa disebut juga sebagai gula tebu. Sukrosa merupakan gabungan dari glukosa dan fruktosa. Maltosa terdapat di dalam biji-bijian dan maltosa terdiri dari gabungan dua glukosa. Laktosa atau disebut juga gula susu hanya terdapat pada susu. Laktosa terdiri dari gabungan glukosa dan galaktosa

3.      Polisakarida
Polisakarida merupakan golongan karobohidrat yang kompleks karena dapat memiliki tiga ribu gula sederhana yang tersusun secara rantai lurus atau bercabang. Contoh dari polisakarida adalah pati (amilum), glikogen, selulosa, lignin dan pektin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar