Kamis, 03 Mei 2012

Gigi


Gigi

Gigi atau dentis terdiri dari tiga bagian utama yaitu mahkota gigi, leher gigi, dan akar gigi. Mahkota gigi merupakan bagian gigi yang paling mudah di lihat, yaitu bagian yang berwarna putih yang berada di atas gusi. Leher gigi merupakan bagian gigi yang dikelilingi oleh gusi, sedangkan akar gigi merupakan bagian yang tertanam di dalam lengkungan-lengkungan pada rahang.
            Pada mahkota gigi terdapat lapisan keras yang melindungi gig yang disebut email. Email tersusun dari komponen-komponen kalsium. Gigi memiliki beberapa bentuk dengan fungsi yang berbeda-beda. Jika dilihat berdasarkan bentuk dan fungsinya, gigi dibagin menjadi tiga, yaitu :

1.      Gigi seri
Gigi seri atau dentis insisivus adalah gigi yang berbentuk seperit pahat. Gigi ini berada di depan yang berfungsi untuk memotong makanan.

2.      Gigi taring
Gigi taring atau dentis kainus adalah gigi yang berbentuk runcing yang berguna untuk mengoyak makanan. Gigi ini berada di antara gigi geraham dan gigi seri.

3.      Gigi geraham
Gigi geraham atau dentis molar/pramolar adalah gigi yang berbentuk lebih lebar daripada gigi seri dan taring berfungsi mengunyah makanan.

            Pada umumnya manusia memiliki dua jenis gigi, yaitu gigi susu dan gigi tetap.
1.      Gigi susu

Gigi susu atau dentis desidue adalah suatu jenis gigi yang hanya dimiliki oleh anak-anak dari umur 6 bulan sampai 8 tahun. Jika sudah pada waktunya, maka gigi susu akan lepas satu per satu digantikan dengan gigi tetap. Jumlah gigi susu adalah 20 buah (8 gigi seri, 4 gigi taring, dan 8 gigi geraham).
2.      Gig tetap

Gigi tetap atau dentis permanen adalah gigi yang sudah permanen pada manusia. Tidak seperti gigi susu, jika gigi tetap lepas, maka tidak akan tumbuh gigi lagi yang menggantikan. Jumlah gigi tetap adala 32 buah terdiri dari 8 gigi seri, 4 gigi taring, 8 gigi geraham depan (pramolar), dan 12 gigi geraham belakang (molar).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar