Kamis, 03 Mei 2012

Lambung


Lambung

Lambung atau ventrikulus adalah organ tubuh berbentuk kantung berdinding tebal seperti huruh J. Lambung terletak di sebelah kiri atas rongga perut, di bawah sekat rongga dada. Lambung terdiri dari 3 bagian yaitu kardiaks (bagian atas dekat dengan hati), fundus (bagian tengah berbentuk kantung) dan pilorus (bagian bawah dekat dengan usus halus).

Pada kardiaks dan pilorus terdapat otot sfinger, yaitu suatu otot melingkar yang berfungsi sebagai pintu. Otot sfinger akan terbuka agar makanan dapat masuk ke lambung dan tertutup jika makanan sudah masuk di lambung agar makanan tidak kembali ke kerongkongan. Di dalam lambung makanan di cerna secara mekanis maupun kimiawi. Percernaan secara mekanis dilakukan dengn gerak peristalsis dan secara kimiawi dilalukan oleh enzim yang ada di lambung.

Pada dinding lambung terdapat kelenjar-kelenjar kecil yang menghasilkan getah lambung. Getah lambung terdiri dari asam klorida (HCL), enzim pepsin dan renin.

·         Asam klorida (HCL)
Asam klorida merupakan senyawa kimia yang dapat membuat lambung mempunyai kadar asam yang tinggi dengan pH sekitar 2. Kondisi lambung yang asam dapat membunuh bakteri yang masuk bersama makanan. HCL berfungsi untuk mengaktifkan pepsinogen menjadi pepsin dan prorenin menjadi renin, menyederhanakan makanan yang keras dan berserat,merangsang sekresi getah usus dan mengontrol membuka dan menutup klep yang berada antara lambung dan usus dua belas jari.

·         Enzim pepsin
Pepsin merupakan enzim yang berfungsi untuk mengubah protein menjadi proteosa, pepton dan polipeptida. Proteosa adalah suatu modifikasi dari asam amino yang susunannya lebih sederhana dari susunana protein. Sementara itu pepton dan polipeptida adalah modifikasi asam amino yang susunannya lebih sedernahan lagi dari proteosa.

·         Enzim renin
Renin adalah enzim yang berfungsi mengubah protein susu terlarut (kasinogen) menjadi gumpalan protein susu (kasein). Selanjutnya, molekul tersebut disederhanakan oleh pepsin.

1 komentar: