Sabtu, 07 April 2012

Resume Tentang Uang, Bank dan Penciptaan Uang

Resume Tentang Uang, Bank dan Penciptaan Uang
1.      Uang
Uang dalam arti sederhana adalah alat tukar yang digunakan secara umum.Uang merupakan alat tukar yang sah yang telah ditetapkan dalam undang-undang untuk melakukan transaksi jual beli untuk membeli suatu barang atau jasa. Uang juga dapat untuk menunjukan kekayaan seseorang. Uang yang beredar didalam masyarakat ada uang giral dan uang kartal. Uang giral adalah uang yang digunakan sehari-hari, sedangkan uang kartal adalah uang yang berbentuk cek atau deposito yang dapat diambil sesuai kebutuhan.

2.      Bank
Bank adalah sebuah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak. Bank dibagi menjadi 2, yaitu bank pemerintah dan bank swasta.

3.      Penciptaan Uang
Penciptaan uang dalah proses memproduksi atau menghasilkan uang baru. Ada 3 cara untuk menciptakan uang, yaitu dengan cara mencetak uang kertas atau uang logam, melalui pengadaan utang dan pinjaman dan melalui beragam kebijakan pemerintah. Bagian yang bertugas mencetak uang adalah Perum Percetakan Uang RI (Peruri). Peruri merupakan satu-satunya BUMN yang bertugas mencetak uang yang dipercaya oleh negara sesuai dengan PP no 32 tahun 2006. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar