Kamis, 26 April 2012

Akhlak


Akhlak
·        Pengertian Akhlak
Akhlak sifat yang tertanam dalam jiwa yang telah ada saat kita lahir yang menetukan bagaimana sifat kita selanjutnya tanpa tahu baik atau buruk sifat kita. Akhlak terbagi menjadi 2 yaitu :
1.      Akhlak yang baik
Yaitu akhlak yang bersifat positif, tidak merugikan diri sendiri dan orang lain. Malah sebaliknya terkadang dapat menguntungkan orang lain dengan sifat kita. Contohnya : sabar, ikhlas, bekerja keras, ulet, saling tolong menolong, peduli dengan sesama, dll.
2.      Akhlak yang buruk
Yaitu akhlak yang bersifat negatif, merugikan diri sendiri dan orang lain. Dengan sifat seperti itu dapat membahayakan nyawa diri sendiri dan orang lain. Contohnya : berbohong, memfitnah orang lain, dengki atau iri, dll.
Akhlak yang kita miliki baik atau buruknya tergantung pada lingkungan dan pendidikan yang di dapat. Jika lingkungan tempat tinggal memiliki masyarakat dengan sifat-sifat yang baik dan norma baik yang dijunjung tinggi maka kita akan  mengikuti kebaikan yang ada di lingkungan. Sebaliknya jika lingkungan kita tidak ada nya norma yang mengatur dan bisa bertindak seenaknya maka kita juga akan mengikuti dan mempunyai akhlak yang buruk.
            Akhlah juga berkaitan dengan moral seseorang. Jika moral seseorang jelek maka akhlak yang dimilikinya juga buruk. Dan sebaliknya jika moral yang dimiliki baik maka akan mempengaruhi juga dengan akhlak yang baik.
·        Macam-Macam Akhlak

1.      Akhlak kepada Allah swt
Contoh sikap-sikap yang berkaitan dengan akhlak kepada Allah antara lain :
1.      Menjalankan perintah-Nya dan menjauhi semua hal yang dilarang-Nya
2.      Mensyukuri segala nikmat yang telat diberikan.
3.      Banyak membaca al-quran.
4.      Bertaubat ketika melakukan kesalahan
5.      Selalu menerima apa yang telah ditentukan oleh Allah.
6.      Selalu bertakwa kepada-Nya
Masih banyak lagi skap-sikap yang kita dapat lakukan, tetapi jangan teralu berlebihan dan memaksakan diri. Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebihan dalam melakukan apapun. Lebih baik melakukan secara bertahap sedikit demi sedikit.
2.      Akhlak kepada sesama manusia
Kepada sesama manusia harus juga saling menjaga sikap kita agar tidak menyinggung perasaan. Jika kita telah melakukan kesalahan cepat-cepat meminta maaf agar tidak merusak tali silaturahmi. Dibawah ini merupakan contoh-contoh sifat-sifat baik terhadap sesama manusia.
§  Kasih sayang
Dengan kehidupan yang dipenuhi dengan rasa kasih sayang dapat membuat kehidupan menjadi tentram dan nyaman. Jika manusia salig menyayangi maka manusia akan memilih kepentingan bersama daripada kepentingan diri sendiri. Contoh sederhana dari ungkapan kasih sayang adalah saling menyapa dengan siapapun ketika bertemu dan sesama muslim saling mengucapkan salam.
§  Saling menasihati
Setiap manusia pasti terkadang melakukan kesalahan, kelalaian dalam melakukan suatu hal atau pekerjaan. Sebagai sesama manusia, kita harus mengingatkan dan menasihati agar tidak melakukan kesalahan yang sama. Tetapi dalam menasihatipun harus dilakukan dengan etika yang baik. Etika yang baik tersebut adalah bersikap lembut tanpa adanya emosi, melihat bagaimana situasi dan kondisi.
            Masih banyak lagi sifat-sifat yang baik sesama manusia. Tetapi ada juga sifat-sifat buruk yang mesti dihindari. Untuk lebih memahaminya, dapat membaca buku-buku tentang perilaku-perilaku yang baik, dll yang beguna untuk kebaikan.
3.      Akhlak terhadap lingkungan
Bukan hanya kepada Tuhan dan manusia saja kita harus berbuat baik, kepada lingkungan juga harus berbuat baik. Tuhan menciptakan alam semesa untuk manusia, sebagai manusia kita harus menjaga alam untuk masa yang akan datang. Contoh sikap-sikap baik terhadap lingkugan yaitu :
§  Tidak boros dalam menggunakan sumber daya alam
§  Peduli tentang lingkungan alam sekitar
§  Selalu berhati-hati dalam menggunakan sumber daya alam
§  Tidak mengotori lingkungan seperti membuang sampah sembarangan
§  Berusaha membuat peralatan yang ramah lingkungan
Demikianlah penjelasan saya tentang akhlak. Semoga berguna bagi kita semua.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar