Rabu, 22 Desember 2010

Kebudayaan Jepang

Kebudayaan Jepang (Matsuri)

Pengertian Matsuri

Istilah matsuri dalam bahasa Jepang sering diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris dengan festival dan dalam bahasa Indonesia diterjemahkan dengan pesta rakyat atau pekan gembira dalam rangka peringatan peristiwa bersejarah. Istilah matsuri dalam bahasa Jepang merupakan kata benda, sedangkan kata kerjanya adalah matsuru yang berarti berdoa, bersembahyang, memuja, menyembah, mendewakan, dan mengabdikan diri di tempat suci. Dalam kamus Daijiten, matsuri diartikan dengan terjemahan menyembah leluhur dan dewa (Shinto dan Budha). Lalu memilih hari yang tepat untuk upacara dan menyucikan diri, memberikan sesembahan, kemudian berdoa, berterima kasih, menghibur roh, dan sebagainya. Oleh karenanya, istilah masturi tidak dapat disamakan dengan festival yang dalam kamus bahasa Indonesia dijelaskan sebagai pesta rakyat atau pekan gembira.

Kegiatan masturi pada hakikatnya merupakan suatu kegiatan untuk mengundang dewa atau duduk di samping dewa, seperti yang djelaskan oleh Kunio Yanagita (1982 : 42) dan diterjemahkan “berada di samping dewa”. Mungkin dengan istilah lain dapat juga dikatakan melayani dewa, tetapi sebagai wujud konkretnya matsuri adalah suatu sikap menyambut kehadiran dewa, dengan menyajikan segala sajian yang ada dan dengan menunjukkan sikap mengabdikan diri pada dewa. Matsuri bukan berarti hanya menunjukkan penghormatan terhadap dewa dari kejauhan. Penjelasan Yanagita ini dapat disimpulkan bahwa matsuri merupakan upacara keagamaan yang bermaksud untuk berada di samping kami (dewa) atau dapat dikatakan sebagai upacara yang mendatangkan dewa guna mendekatkan diri pada dewa dengan menyajikan sajian suci yang dilakukan oleh Pendeta Shinto. Pada umumnya upacara ini mulai dilakukan pada malam hari dengan menyajikan yumike, yaitu sajian malam khusus untuk dewa dan akan berakhir pada pagi hari dengan sajian asamike, yaitu sajian pagi, sehingga upacara itu akan berlangsung selama dua hari satu malam.

Pengertian matsuri sesungguhnya merupakan upacara keagamaan untuk mengundang atau mendatangkan dewa atau peristiwa terjadinya pertemuan antara manusia dan dewa dengan tujuan untuk mendapatkan petunjuk dan berkah. Selanjutnya, Yanagita menjelaskan bahwa matsuri merupakan perilaku keagamaan orang Jepang, yaitu upacara keagamaan untuk menghormati dewa dan merupakan perwujudan kepercayaan orang Jepang yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-harinya. Tidak ada jalan lain menuju jalan dewa, kecuali menempuh satu-satunya jalan, yaitu matsuri. Melalui matsuri ini masyarakat Jepang merasakan akan kehadiran dewa dalam kehidupan, dan matsuri dianggap sebagai kepercayaan bangsa Jepang. Umumnya baik tua maupun muda, masyarakat Jepang akan melaksanakan salah satu dari kegiatan matsuri ini secara periodik.

Bagi masyarakat Jepang, matsuri merupakan perwujudan perilaku keagamaan orang Jepang, tetapi matsuri bukan merupakan bentuk agama orang Jepang karena tidak terdapat kitab suci yang mengajarkan ajaran-ajarannya sebagai salah satu faktor yang harus dimiliki suatu agama, tidak memiliki pemuka agama atau nabi, tidak ada misi penyebaran dan tidak memiliki kelompok atau komuniti yang resmi. Pengikut matsuri tidak dicatat secara resmi dalam daftar keanggotaan suatu kelompok agama. Menurut Yanagita, matsuri merupakan suatu kesempatan yang memberi kesempatan untuk mendidik atau mengajarkan etika-etika keagamaan.

Dalam menyelenggarakan matsuri, ada beberapa faktor yang harus diperhatikan, yaitu :

a. Sao

Sao adalah tiang yang ditegakkan di suatu tempat sebagai tanda bahwa di tempat itu akan diselenggarakan matsuri. Selain itu juga, sao dianggap sebagai tangga tempat turun naiknya dewa yang akan hadir pada saat matsuri. Bentuk sao ada bermacam-macam yaitu sao pohon, sao tongkat, sao nisan kuburan, sao tiang, dan sao campuran antara pohon dan tiang. Namun saat ini sao tongkat yang lebih banyak digunakan karena pohon yang akan dijadikan sao pohon sulit ditemukan yang memenuhi syarat. Sao biasanya diletakkan di altar kuil atau halaman kuil tempat diselenggarakannya matsuri.

b. Mono imi

Penyucian harus dilakukan ketika akan melaksanakan matsuri, oleh karena itu dalam melaksanakan matsuri, segala sesuatu harus dijauhkan dari segala macam unsur kotor. Mono imi biasanya dilakukan oleh para toya, yaitu pemimpin upacara ritual dalam matsuri itu sebagai orang yang bertanggungjawab atas penyelenggaraan matsuri.

Selain ke dua faktor itu, menurut Kunio Yanagita ada lima faktor lain yang harus dipersiapkan dalam menyelenggarakan matsuri. Pertama, shinchi, yaitu faktor yang berkaitan dengan penempatan dewa sebagai objek pemujaan dalam matsuri. Kedua, shinya, yaitu faktor yang berkaitan dengan orang yang berperan dalam penyelenggaraan matsuri yang disebut dengan toya. Ketiga, shintai atau kamizawa, yaitu sektor yang berkaitan dengan kegiatan penyambutan dewa yang menjadi objek pemujaan dalam matsuri. Keempat, sekku atau shingu atau sechi, yaitu sajian suci untuk dewa dan yang ini berkaitan dengan sajian suci yang akan dipersembahkan kepada dewa. Kelima, saijitsu, yaitu penentuan waktu untuk pelaksanaan matsuri. Ada dua cara dalam menentukan waktu penyelenggaraan, yaitu berdasarkan penanggalan perputaran matahari atau yang disebut dengan penanggalan Masehi dan cara yang kedua berdasarkan sistem penanggalan Cina yang disebut dengan sistem penanggalan Kanshi. Pelaksanaan matsuri biasanya diselenggarakan pada malam hari, khususnya dilaksanakan ketika munculnya bulan purnama. Salah satu unsur lain dalam penentuan waktu yaitu matsuri biasanya diselenggarakan berhubungan dengan pergantian musim.

Penyelenggaraan matsuri berdasarkan bentuknya dapat digolongkan menjadi dua kategori, yaitu matsuri yang diselenggarakan secara aksidental yang lebih dikenal dengan istilah ninigire. Ninigire merupakan kegiatan matsuri yang diselenggarakan sesuai permintaan atau permohonan, misalnya ketika kelahiran seorang anak, maka orangtua akan pergi ke kuil untuk melaksanakan matsuri dengan tujuan agar anak itu akan menjadi anak yang baik. Matsuri juga diselenggarakan dengan tujuan agar terhindar dari segala marabahaya, matsuri yang diselenggarakan ketika terjadi kekeringan yang menyebabkan gagal panen dengan tujuan untuk minta hujan, dan masih banyak lagi matsuri yang diselengarakan secara ninigire. Biasanya matsuri ini diselenggarakan di kuil-kuil atau di tempat lain. Kategori kedua, matsuri yang diselenggarakan secara periodik atau dikenal dengan nenchugyoji, yaitu matsuri yang diselenggarakan secara tetap setiap tahun, misalnya O-Bon matsuri yang biasanya diselenggarakan setiap 13-16 Juli sebagai matsuri yang diselenggarakan dengan tujuan untuk mengenang arwah leluhur dan orang-orang yang telah meninggal.O-Shogatsu, yaitu matsuri yang diselenggarakan dalam rangka perayaan tahun baru, dan matsuri lain-lainnya yang diselenggarakan secara periodik setiap tahun.



Makna Matsuri bagi Orang Jepang

Matsuri bagi orang Jepang dianggap sebagai salah satu simbol dari kegiatan manusia untuk berkomunikasi dan melayani dewa. Dengan kata lain Matsuri bagi orang Jepang dianggap sebagai jalan untuk bertemu dengan dewa.

Dewasa ini penyelenggaraan matsuri yang dilaksanakan oleh orang Jepang mengandung dua makna, yaitu makna pertama seperti yang dinyatakan oleh Kunio Yanagita bahwa matsuri sebagai Nihon Jin Rashisa atau kekhasan orang Jepang dan kokoro zuku koto atau kesadaran yang selalu ada dalam jiwa orang Jepang. Maksud kekhasan dan kesadaran ini ada dalam diri orang Jepang karena dengan berbagai kegiatan masturi yang selalu mendampingi kehidupan orang Jepang yang tampak dalam penyelenggaraan matsuri yang bersifat ritual dan periodik yang di dalamnya mengandung unsur keagamaan, karena dilaksanakan dengan tujuan menyembah dewa dan juga untuk memohon kepada dewa bagi kesejahteraan, kebaikan dan dijauhkan dari marabahaaya.

Salah satu dari makna pertama penyelenggaraan matsuri ini adalah masih dilakukan sesuai kaidah-kaidah yang menjadi persyaratan penyelenggaraan yang terdiri dari sao dan mono imi sebagai dua persyaratan utama dan juga faktor yang harus ada dalam penyelenggaraan matsuri: shinchi, shinya, kamiwaza, sekku, dan saijitsu. Biasanya upacara yang dilakukan sesuai dengan makna pertama ini dilaksanakan secara khidmat dan sederhana oleh anggota keluarga yang berkumpul di desa pada salah satu matsuri yang khusus diselenggarakan oleh keluarga itu, salah satunya adalah matsuri Mune-Age, hoji atau O-Bon matsuri, dan Ido no Kami Sama, yaitu upacara mengundang dewa sumur yang diselenggarakan karena keluarga yang mengalami kesulitan yang berhubungan dengan usaha keluarga yang menurun. Biasanya matsuri-matsuri yang di sebutkan di atas diselenggrakan di desa oleh anggota ie (sistem kekerabatan dalam masayarakat Jepang yang bentuknya mengambil keluarga besar yang anggotanya terdiri dari mereka yang masih mempunyai hubungan darah). Namun, akhir-akhir ini dengan bentuk keluarga kecil dan mereka akan tinggal terpencar, pelaksanaan matsuri dengan makna pertama ini mulai jarang ditemukan dalam keluarga-keluarga Jepang, khususnya masyarakat yang tinggal di kota-kota besar.

Makna ke dua dari penyelenggaraan matsuri dewasa ini adalah sebagai hiburan. Jenis matsuri ini berkembang di kota-kota besar maupun desa dan diselenggarakan oleh orang Jepang yang tinggal di kota dan diselenggarakan oleh kelompok-kelompok tertentu yang tinggal dekat kuil. Namun, Kunio Yanagita menjelaskan bahwa matsuri yang bermakna hiburan ini tetap memiliki unsur ritual karena dalam penyelenggarannya masih menegakkan umbul-umbul sebagai pengganti sao yang mempunyai makna sebagai tangga tempat turun naiknya dewa pada saat matsuri berlangsung.

Ciri yang membedakan dengan penyelenggaraan matsuri bermakna hiburan yaitu adanya kelompok penonton yang meramaikan penyelenggaraan matsuri itu. Menurut Kunio Yanagita, kelompok penonton yang datang meramaikan matsuri itu bukan untuk ikut berdoa, tetapi mereka hanya sekadar ikut serta menjadi penonton dan memeriahkan matsuri tersebut. Mereka hanya melihat keindahan dari hiasan-hiasan dan perlengkapan matsuri yang ditampilkan dalam penyelenggaraan matsuri.

Dewasa ini matsuri dilaksanakan bukan oleh anggota keluarga yang mempunyai hubungan darah dan tidak diselenggarakan pada malam hari, tetapi matsuri diselenggarakan pada siang hari oleh kelompok tertentu yang tidak mempunyai hubungan darah, bahkan tidak mempunyai hubungan kerabat. Salah satu penyelenggaraan matsuri dengan makna hiburan, tampak pada penyelenggaraan Gion matsuri sebagai matsuri musim panas terbesar di Gion sebagai bagian kota Kyoto yang pada awalnya dilaksanakan hanya oleh keluarga kaisar atau keluarga bangsawan. Dengan terjadinya perubahan struktur masyarakat dari masyarakat yang ditopang oleh hasil pertanian menuju ke masyarakat industri dengan berbagai variasi pekerjaan menyebabkan pelaksanaan Gion matsuri dilaksanakan bukan lagi matsuri dari kalangan atas masyarakat Jepang. Berkembangnya masyarakat perkotaan mengakibatkan Gion matsuri menjadi matsuri perkotaan yang dipelopori oleh kelompok pedagang sebagai penyelenggara.

Dewasa ini, penyelenggaraan Gion matsuri merupakan peristiwa terjadinya pertemuan antara manusia dan manusia. Matsuri ini mempunyai makna sosial tersendiri bagi orang Jepang karena kegiatan ini merupakan wadah untuk melaksanakan berbagai macam kegiatan sosial secara bersama-sama, seperti bergotong royong yang menunjukan rasa solidaritas orang Jepang yang bertujuan untuk mempererat kebersamaan. Bagi orang Jepang, khususnya mereka yang tinggal di sekitar Kyoto, Gion matsuri selain sebagai upacara keagamaan juga merupakan suatu festival (perayaan) yang diselenggarakan secara meriah dan melibatkan seluruh masyarakat Kyoto dan dilaksanakan secara periodik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar