Senin, 09 Juni 2014

JURNAL STUDI KASUS DATABASE PADA WEBSITE PENJURUSAN

JURNAL

DATABASE PADA WEBSITE SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PEMILIHAN JURUSAN

STUDI KASUS: www.majors.jputri.info


GUNARWIN ARDI R.
DEVI TANTOWI K.
T. ARIF N.

UNIVERSITAS GUNADARMA






1.      PENDAHULUAN
Website www.majors.jputri.info merupakan website yang ditujukan bagi siswa kelas 1 sekolah menengah atas yang masih bimbang mengenai jurusan apa yang akan dipilih ketika dikelas 2 nanti. Dengan memasukkan data-data yang dibutuhkan oleh website ini dan menjawab pertanyaan-pertanyaan pada bagian simulasi, akan keluar output yang berupa altrenatif pilihan jurusan yang direkomendasikan oleh website SPK ini. Semakin besar nilai presentase suatu jurusan, semakin besar juga tingkat rekomendasi yang diberikan oleh website ini kepada siswa sehingga mereka dapat memilih jurusan yang sesuai minat dan kemampuannya.
Dengan bantuan website ini, para siswa lebih teryakinkan untuk memilih suatu jurusan dan tidak menyesal dikemudian hari dikarenakan merasa salah memilih jurusan. Kasus mengenai salah memilih jurusan dapat disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya yang banyak terjadi adalah karena ikut-ikutan teman terdekatnya. Karena merasa bimbang untuk memilih jurusan, dan ketika itu pula ada teman terdekat yang menyerankan untuk ikut masuk kesuatu jurusan, tanpa mempertimbangkan kemampuan dan minat sebenarnya dari siswa tersebut melainkan hanya berdasarkan faktor perasaan, akan mengakibatkan kerusakan nilai-nilai mata pelajaran karena memang siswa tersebut tidak mampu mengikuti mata pelajaran yang dia pilih.
Karena berdasarkan fakta itulah website ini dibuat sehingga diharapkan para siswa terbantu untuk memilih jurusan yang sesuai kemampuan dan minatnya masing-masing. Ada 4 kriteria yang menjadi bahan penilaian website ini, diantaranya adalah nilai raport SMP, nilai UN dan prestasi yang telah dicapai, minat siswa dan nilai hasil simulasi test yang disediakan oleh website ini. Masing-masing nilai yang dimasukkan oleh siswa selanjutnya akan masuk kedalam database yang dimiliki website ini. Dari nilai-nilai yang terkumpul didalam database akan dilakukan perhitungan yang akan dilakukan oleh sistem sehingga akan menghasilkan 3 alternatif pilihan jurusan yang akan ditampilkan kepada user.
Peran database pada website ini sangat penting karena selain untuk merekam nilai-nilai yang telah dimasukkan, database juga berfungsi sebagai penampung nilai yang telah melalui tahap perhitungan didalam sistem untuk nantinya akan dilakukan perhitungan kembali daitahap selanjutnya. Pengelolaan nilai-nilai yang telah dimasukkan juga akan menjadi lebih mudah dengan adanya database sehingga akan memudahkan admin untuk mengelola website ini.

  

2.      STUDI LITERATUR

2.1              Website
Website adalah kumpulan dari halaman - halaman situs, yang terangkum dalam sebuah domain atau subdomain, yang tempatnya berada di dalam World Wide Web (WWW) di dalam Internet. Sebuah halaman web biasanya berupa dokumen yang ditulis dalam format HTML ( Hyper Text Markup Language ), yang selalu bisa diakses melalui HTTP, yaitu sebuah protokol yang menyampaikan informasi dari server website untuk ditampilkan kepada para pemakai melalui web browser.dan Website atau situs dapat juga diartikan sebagai kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink).  

2.2              Database        
Database atau basis data adalah kumpulan data yang disimpan secara sistematis di dalam komputer dan dapat diolah atau dimanipulasi menggunakan perangkat lunak (program aplikasi) untuk menghasilkan informasi. Pendefinisian basis data meliputi spesifikasi berupa tipe data, struktur, dan juga batasan-batasan data yang akan disimpan. Basis data merupakan aspek yang sangat penting dalam sistem informasi dimana basis data merupakan gudang penyimpanan data yang akan diolah lebih lanjut. Basis data menjadi penting karena dapat menghidari duplikasi data, hubungan antar data yang tidak jelas, organisasi data, dan juga update yang rumit.
Proses memasukkan dan mengambil data ke dan dari media penyimpanan data memerlukan perangkat lunak yang disebut dengan sistem manajemen basis data (database management system | DBMS). DBMS merupakan sistem perangkat lunak yang memungkinkan user untuk memelihara, mengontrol, dan mengakses data secara praktis dan efisien. Dengan kata lain semua akses ke basis data akan ditangani oleh DBMS. Ada beberapa fungsi yang harus ditangani DBMS yaitu mengolah pendefinisian data, dapat menangani permintaan pemakai untuk mengakses data, memeriksa sekuriti dan integriti data yang didefinisikan oleh DBA (Database Administrator), menangani kegagalan dalam pengaksesan data yang disebabkan oleh kerusakan sistem maupun disk, dan menangani unjuk kerja semua fungsi secara efisien.
Tujuan utama dari DBMS adalah untuk memberikan tinjauan abstrak data kepada user (pengguna). Jadi sistem menyembunyikan informasi tentang bagaimana data disimpan, dipelihara, dan tetap dapat diambil (akses) secara efisien. Pertimbangan efisien di sini adalah bagaimana merancang struktur data yang kompleks tetapi masih tetap bisa digunakan oleh pengguna awam tanpa mengetahui kompleksitas strukturnya.


3.      PEMBAHASAN
Data dibutuhkan didalam sistem website ini. Dalam menentukan alternatif mana yang paling tinggi tingkat presentasenya, website ini menggunakan sistem penunjang keputusan dengan metode Simple Additive Weighting (SAW). Penggunaan database sangat penting peranya didalam sistem, selain sebagai penampung nilai, database juga juga berguna bagi seorang database admnistrator untuk memudahkan mengelola data yang ada didalam website ini. Website penjurusan ini memiliki 11 tabel didalam databasenya.


3.1              Table admin
            Tabel admin digunakan oleh untuk mengelola data admin yang ada didalam sistem. Tabel ini memiliki 3 field, yaitu id_admin, username dan password. Id_admin adalah field yang bersifat uniqe sehingga masing-masing admin tidak akan memiliki id_admin yang sama, sedangkan username dan password digunakan ketika login.
no
field
type
size
Key
1
id_admin
Smallint
2
Auto increment
2
username
Varchar
30
-
3
password
Varchar
15
-


3.2              Table user
Tabel user digunakan untuk menyimpan data user yang mendaftar diwebsite ini. Nisn merupakan kependekan dari nomor induk siswa nasional yang berarti bersifat uniqe dan tidak mungkin sama dengan seluruh siswa di Indonesia. Username dan password digunakan untuk login dan date merupakan tanggal kapan user tersebut mendaftar.
no
field
type
size
Key
1
nisn
int
10
primary
2
Name
Varchar
100
-
3
Username
Varchar
30
-
4
Password
Text
-
-
5
Date
Date
-
-


3.3              Tabel criteria
Tabel criteria ini berfungsi untuk mengelola data kriteria yang ada didalam sistem. Weight merupakan bobo suatu kriteria. Jadi bobot tersebut menentukan seberapa penting kriteria tersebut. Semakin besar bobo yang dimiliknya, dianggap semakin besar juga nilai kriteria tersebut  ketika masuk perhitungan didalam sistem 
no
field
type
size
Key
1
Id_criteria
Varchar
3
Primary
2
Criteria
Varchar
10
-
3
weight
float
3,2
-


3.4              Tabel majors_science
Tabel ini berguna untuk menampun nilai-nilai yang dimasukkan oleh user, yang berhubungan dengan jurusan matematika dan IPA. Report_sc merupakan nilai rata-rata yang berasal dari buku raport siswa, exam_sc meerupakan nilai rata-rata ujian nasional siswa ketika SMP, priority_sc adalah nilai peminatan siswa terhadap jurusan IPA tersebut, achievement_sc merupakan nilai yang masuk apabila siswa pernah mendapat penghargaan atau pernah memenangi lomba yang bersangkutan dengan jurusan IPA, dan test_sc adalah nilai yang masuk setelah siswa telah mengikuti simulasi test diwebsite ini. C_reportsc, c_examsc, c_prioritysc, c_achievementsc dan c_testsc adalah nilai-nilai hasil konversi berdasarkan bobot, dari nilai-nilai yang sebelumnya telah dimasukkan.
no
field
type
size
key
1
Nisn
Int
10
Primary
2
Report_sc
Varchar
10
-
3
exam_sc
Float
3,2
-
4
priority_sc
Smallint
1
-
5
achievement_sc
Varchar
4
-
6
test_sc
Float
3,1
-
7
c_reportsc
Float
6,3
-
8
c_examsc
Float
6,3
-
9
c_prioritysc
Float
6,3
-
10
c_achievementsc
Float
6,3
-
11
c_testsc
Float
6,3
-


3.5              Tabel majors_social
Tabel majors_social berguna untuk menampung nilai-nilai yang dimasukkan oleh user, yang berhubungan dengan jurusan IPS. Report_soc merupakan nilai rata-rata yang berasal dari buku raport siswa, exam_soc meerupakan nilai rata-rata ujian nasional siswa ketika SMP, priority_soc adalah nilai peminatan siswa terhadap jurusan IPS tersebut, achievement_soc merupakan nilai yang masuk apabila siswa pernah mendapat penghargaan atau pernah memenangi lomba yang bersangkutan dengan jurusan IPS, dan test_soc adalah nilai yang masuk setelah siswa telah mengikuti simulasi test diwebsite ini. C_reportsoc, c_examsoc, c_prioritysoc, c_achievementsoc dan c_testsoc adalah nilai-nilai hasil konversi berdasarkan bobot, dari nilai-nilai yang sebelumnya telah dimasukkan.
no
field
type
size
key
1
Nisn
Int
10
Primary
2
Report_soc
Varchar
10
-
3
exam_soc
Float
3,2
-
4
priority_soc
Smallint
1
-
5
achievement_soc
Varchar
4
-
6
test_soc
Float
3,1
-
7
c_reportsoc
Float
6,3
-
8
c_examsoc
Float
6,3
-
9
c_prioritysoc
Float
6,3
-
10
c_achievementsoc
Float
6,3
-
11
c_testsoc
Float
6,3
-


3.6              Tabel majors_language
Tabel majors_language berguna untuk menampung nilai-nilai yang dimasukkan oleh user, yang berhubungan dengan jurusan bahasa dan budaya. Report_lang merupakan nilai rata-rata yang berasal dari buku raport siswa, exam_lang meerupakan nilai rata-rata ujian nasional siswa ketika SMP, priority_lang adalah nilai peminatan siswa terhadap jurusan bahasa dan budaya tersebut, achievement_lang merupakan nilai yang masuk apabila siswa pernah mendapat penghargaan atau pernah memenangi lomba yang bersangkutan dengan jurusan bahasa dan budaya, dan test_lang adalah nilai yang masuk setelah siswa telah mengikuti simulasi test diwebsite ini. C_reportlang, c_examlang, c_prioritylang, c_achievementlang dan c_testlang adalah nilai-nilai hasil konversi berdasarkan bobot, dari nilai-nilai yang sebelumnya telah dimasukkan.

no
field
type
size
key
1
Nisn
Int
10
Primary
2
Report_lang
Varchar
10
-
3
exam_lang
Float
3,2
-
4
priority_lang
Smallint
1
-
5
achievement_lang
Varchar
4
-
6
test_lang
Float
3,1
-
7
c_reportlang
Float
6,3
-
8
c_examlang
Float
6,3
-
9
c_prioritylang
Float
6,3
-
10
c_achievementlang
Float
6,3
-
11
c_testlang
Float
6,3
-


3.7              Tabel test_result
Tabel test_result adalah merupakan tabel yang digunakan untuk menampung nilai hasil simulasi test yang disediakan website. kata wrong, correct dan empty pada nama field menunjukkan bahwa field tersebut menampung jawaban salah, benar dan kosong apabila siswa tidak mengisi jawaban pada soal. Kata math, science, soc, indo dan eng pada nama field menunjukkan nama mata pelajaran yang jawabannya akan ditampung oleh tabel.
No
Field
Type
Size
Key
1
Nisn
Int
10
Primary
2
Correct_math
Smallint
3
-
3
Wrong_math
Smallint
3
-
4
Empty_math
Smallint
3
-
5
Correct_science
Smallint
3
-
6
Wrong_science
Smallint
3
-
7
Empty_science
Smallint
3
-
8
Correct_soc
Smallint
3
-
9
Wrong_soc
Smallint
3
-
10
Empty_soc
Smallint
3
-
11
Correct_indo
Smallint
3
-
12
Wrong_indo
Smallint
3
-
13
Empty_indo
Smallint
3
-
14
Correct_eng
Smallint
3
-
15
Wrong_eng
Smallint
3
-
16
Empty_eng
Smallint
3
-


3.8              Tabel result
Tabel result digunakan untuk menampung nilai presentase, yang merupakan hasil perhitungan dari nilai-nilai sebelumnya, untuk masing-masing jurusan. Field mscience adalah field yang menampung presentase nilai untuk jurusan IPA, msocial untuk menampung presentase nilai untuk jurusan IPS dan mlanguage untuk menampung presentase nilai untuk jurusan bahasa dan budaya.
No
Field
Type
Size
Key
1
Nisn
Int
10
Primary
2
mscience
Float
6,3
-
3
msocial
Float
6,3
-
4
mlanguage
Float
6,3
-


3.9              Tabel package_sc
Tabel package_sc merupakan tabel yang digunakan untuk mengelola pertanyaan, pilihan dan jawaban untuk simulasi test dengan kategori jurusan matematika dan IPA. Field science_question digunakan untuk menampung pertanyaan, a_choice sampai d_choice untuk menampung pilihan jawaban dari pertanyaan, science_answer untuk menampung jawaban dari pertanyaan dan type_science untuk membedakan apakah pertanyaan tersebut termasuk matematika atau IPA.
No
Field
Type
Size
Key
1
Id_science
Varchar
3
Primary
2
Science_question
Text
-
-
3
a_choice
varchar
250
-
4
b_choice
Varchar
250
-
5
c_choice
Varchar
250
-
6
d_choice
Varchar
250
-
7
Science_answer
varchar
250
-
8
Type_science
varchar
1
-


3.10     Tabel package_soc
            Tabel package_soc merupakan tabel yang digunakan untuk mengelola pertanyaan, pilihan dan jawaban untuk simulasi test dengan kategori jurusan IPS. Field soc_question digunakan untuk menampung pertanyaan, a_choice sampai d_choice untuk menampung pilihan jawaban dari pertanyaan, soc_answer untuk menampung jawaban dari pertanyaan dan type_soc untuk menyimpan inisial dari pertanyaan.
No
Field
Type
Size
Key
1
Id_soc
Varchar
3
Primary
2
Soc_question
Text
-
-
3
a_choice
varchar
250
-
4
b_choice
Varchar
250
-
5
c_choice
Varchar
250
-
6
d_choice
Varchar
250
-
7
Soc_answer
varchar
250
-
8
Type_soc
varchar
1
-


3.10          Tabel package_lang
Tabel package_soc merupakan tabel yang digunakan untuk mengelola pertanyaan, pilihan dan jawaban untuk simulasi test dengan kategori jurusan bahasa dan budaya. Field lang_question digunakan untuk menampung pertanyaan, a_choice sampai d_choice untuk menampung pilihan jawaban dari pertanyaan, lang_answer untuk menampung jawaban dari pertanyaan dan type_lang untuk menyimpan inisial apakah pertanyaan tersebut termasuk bahasa indonesia atau bahasa inggris
No
Field
Type
Size
Key
1
Id_lang
Varchar
3
Primary
2
lang_question
Text
-
-
3
a_choice
varchar
250
-
4
b_choice
Varchar
250
-
5
c_choice
Varchar
250
-
6
d_choice
Varchar
250
-
7
lang_answer
varchar
250
-
8
Type_lang
varchar
1
-
  


4.      KESIMPULAN
Peran database didalam sistem penunjang keputusan yang dimiliki oleh website www.majors.jputri.info sangat penting. Selain untuk menampung nilai-nilai yang dimasukkan oleh user, database juga dapat digunakan untuk mempermudah mengelola data didalam sistem tersebut, yang berarti sesuai dengan tujuan penggunaan database, yaitu untuk menghindari duplikasi data, hubungan antar data yang tidak jelas, organisasi data, dan juga update yang rumit.
Dengan penggunaan database yang sesuai, sistem didalam website tersebut juga dapat berjalan dengan baik sehingga website ini akhirnya dapat benar-benar membantu para siswa untuk memilih jurusan yang sesuai kemampuan dan minatnya karena penjurusan merupakan suatu tahap yang sangat penting bagi masa depan siswa tersebut



5.      DAFTAR PUSTAKA.

http://www.majors.jputri.info
http://www.termasmedia.com/65-pengertian/69-pengertian-database.html

http://tegararian.blogspot.com/2013/03/pengertian-website.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar