Constructive Cost Model atau biasa di singkat dengan COCOMOadalah sebuah model parametris
pengestimasian yang digunakan untuk menghitung jumlah FP dalam perencanaan
serta pengembangan perangkat lunak. COCOMO pertama kali diterbitkan pada tahun
1981 Boehm di Ekonomi buku Rekayasa Perangkat Lunak
sebagai model untuk memperkirakan usaha, biaya, dan jadwal untuk proyek-proyek
perangkat lunak.
Ada 3 jenis pengimplementasian cocomo yaitu :
- Basic (COCOMO I 1981)
Pengenalan
Cocomo ini diawali tahun 70-an akhir. Sang pelopor adalah Boehm, melakukan riset dengan
mengambil kasus dari 63 proyek perangkat lunak untuk membuat model
matematisnya. Untuk Menghitung dari estimasi jumlah LOC (Lines of Code); Model
dasar dari model ini adalah sebuah persamaan sebagai berikut :
effort = C *
size^M
- Effort = usaha yang dibutuhkan selama
proyek, diukur dalam person-months
- c dan M = konstanta-konstanta yang
dihasilkan dalam riset Boehm dan tergantung pada penggolongan besarnya
proyek perangkat lunak;
- size = estimasi jumlah baris kode
yang dibutuhkan untuk implementasi, dalam satuan KLOC (kilo lines of
code).
2. Intermediate (COCOMO II 1999)
Menghitung
dari besarnya program dan “cost drivers” (faktor-faktor yang berpengaruh
langsung kepada proyek), seperti: perangkat keras, personal, dan
atribut-atribut proyek lainnya. Selain itu pada jenis ini, COCOMO mempergunakan
data-data historis dari proyek-proyek yang pernah menggunakan COCOMO I, dan
terdaftar pengelolaan proyeknya dalam COCOMO database. yang dijabarkan dalam
kategori dan subkatagori sebagai berikut
a. Atribut produk (product attributes):
1. Reliabilitas perangkat lunak yang
diperlukan (RELY)
2.
Ukuran basis data aplikasi (DATA)
3.
Kompleksitas produk (CPLX)
b. Atribut perangkat keras (computer attributes)
:
1.
Waktu eksekusi program ketika dijalankan (TIME)
2.
Memori yang dipakai (STOR)
3.
Kecepatan mesin virtual (VIRT)
4.
Waktu yang diperlukan untuk mengeksekusi perintah (TURN)
c. Atribut sumber daya manusia (personnel
attributes):
1.
Kemampuan analisis (ACAP)
2.Kemampuan
ahli perangkat lunak (PCAP)
3.
Pengalaman membuat aplikasi (AEXP)
4.Pengalaman
penggunaan mesin virtual (VEXP)
5.Pengalaman
dalam menggunakan bahasa pemrograman (LEXP)
d.
Atribut proyek projek attributes :
1.
pengggunaan sistem pemrograman modern (MODP)
2.
Pengunaan perangkat lunak (TOOL)
3.
Jadwal pengembangan yang diperlukan (SCED)
3. Advanced
Memperhitungkan semua karakteristik dari “intermediate” di atas dan “cost drivers” dari setiap fase (analisis, desain, implementasi, dsb) dalam siklus hidup pengembangan perangkat lunak.
Memperhitungkan semua karakteristik dari “intermediate” di atas dan “cost drivers” dari setiap fase (analisis, desain, implementasi, dsb) dalam siklus hidup pengembangan perangkat lunak.
Sumber
:
http://
pu2tgoclo.blogspot.com
http://www.wikipedia.org/
http://udifq.wordpress.com/cocomo/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar