ANALISIS KINERJA SISTEM
Mencari Informasi yang
Dibutuhkan Pada Sistem Informasi
Pemasaran Produk
Otomotif ADM
2013/2014
Kebutuhan Sistem Informasi
Semua organisasi membutuhkan aliran informasi yang
membantu manajer untuk mengambil bermacam keputusan yang dibutuhkan. Aliran
informasi ini diatur dan diarahkan dalam suatu sistem informasi. Sistem
informasi berperan dalam proses pengambilan keputusan operasional harian sampai
perencanaan jangka panjang .
Sistem informasi berbasis komputer mempunyai 6
bagian: hardware, software, data/informasi, prosedur, komunikasi dan orang. SI
ditentukan dalam perusahaan bergantung pada sifat dan struktur bisnisnya. Ini
berarti SI bersifat modifikatif terhadap kebutuhan organisasi.
Data mengalir dari
bermacam sumber seperti :
konsumen yang membeli produk atau layanan, penjual
yang menyediakan barang, bank, agen pemerintah, dan agen asuransi. Sistem
informasi membantu organisasi mengolah data tersebut menjadi informasi yang
lengkap dan berguna.
Studi Kasus : Strategi
Pemasaran pada Perusahaan
Mobil ADM
Inovasi merupakan hal yang mutlak harus
dilakukan oleh setiap perusahaan. Apalagi di tengah maraknya persaingan melawan
competitor. Perusahaan mesti semakin pandai membaca peluang dan memanfaatkannya
untuk memenangi persaingan.
Persaingan di bidang otomotif memang dapat dikatakan
sebagai persaingan yang cukup sengit. Produk baru semakin banyak keluar dan
memikat hati masyarakat dengan setiap keunggulannya, mulai dari desain, mesin,
fungsi dan beragam manfaat lainnya.
PT. ADM adalah salah satu perusahaan yang menerapkan
inovasi ketika penjualan produk menurun. Ada kalanya beberapa pertanyaan akan
muncul ketika proses inovasi menjadi pilihan. ADM mampu belajar dari pengalaman
lalu ketika Daihatsu Zebra dirasa tidak lagi kompeten untuk bersaing dengan
produk kompetitor. Terutama ketika Zebra bersaing dalam segmentasi kendaraan
niaga, yang tolak ukur perbandingannya adalah kapasitas daya angkut. Munculnya
Grand Max mampu menutupi kekurangan tersebut. Memikirkan cara yang tepat untuk
mengomunikasikan manfaat produk kepada pelanggan juga merupakan hal yang penting,
selain memikirkan cara mengedukasi pelanggan agar mengenal produk kita lebih
jauh.
Secara garis besar apa yang dilakukan ADM sudah mencakup tiga hal penting dalam proses inovasi, yaitu product development, service development, dan delivery process. Sebab, bagi sebuah perusahaan, hal yang penting agar bisa memenangi kompetisi adalah kemampuan mengembangkan produk dan layanan baru, serta memberikannya kepada pelanggan. Inovasi yang focus pada harapan pelanggan merupakan cara jitu ADM untuk mendapatkan kepuasan pelanggan. Sebab, kepuasan pelanggan hanya akan terjadi ketika performa Grand Max sesuai dengan apa yang diharapkan. Dan kenyataannya, ADM berhasil memadukan kedua hal tersebut.
Informasi yang dibutuhkan
1.
Untuk
Pengembangan Produk
Data
produk lama : kualitas, kuantitas, fasilitas.
Data
penjualan : kurva penjualan (grafik yang menggambarkan kenaikan ataupun
penurunan volume penjualan dari periode anggaran tertentu, baik itu tahunan,
bulanan, ataupun mingguan).
2.
Pelayanan
terhadap pelanggan
Data
hasil survei berupa kuesioner tentang kepuasan dan harapan tentang pelayanan.
Data
tingkat persepsi (perceived value) pelanggan terhadap kualitas layanan yang
diterimanya.
Data
tingkat harapan (expected value)
pelanggan terhadap kualitas layanan yang diinginkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar